Tips Olahraga yang Aman Bagi Penderita Diabetes

Posted on

Tips Olahraga yang Aman Bagi Penderita DiabetesOlahraga memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Banyak para ahli kesehatan yang menyarankan untuk berolahraga secara rutin untuk menjaga kesehatan tubuh. Namun, tidak semua olahraga yang dilakukan baik untuk tubuh. Jangan terlalu memaksakan diri untuk melakukan olahraga berat diluar kapasitas kemampuan tubuh, karena kemampuan tubuh setiap orang berbeda-beda.

Terlebih untuk orang yang menderita penyakit tertentu seperti diabetes, maka perlu dilakukan pengawasan ketat dari dokter ketika ingin berolahraga. Jika salah olahraga maka bukannya tubuh sehat yang didapat melainkan bisa menimbulkan masalah kesehatan lainnya bahkan sampai menyebabkan kematian.

Berolahraga dapat menurunkan tekanan gula darah dalam tubuh, tapi jika penderita diabetes tersebut tidak makan dengan teratur atau makan dalam jumlah yang sedikit maka dapat mengakibatkan gula darah terlampau rendah. Kondisi ini dapat menyebabkan keluhan seperti : keringat dingin, gemetar, pandangan kabur, lemah, pingsan bahkan hingga menyebabkan kematian jika tidak segera ditangani dengan tepat.

Adapun tips berolahraga yang aman untuk penderita diabetes adalah :

  1. Kenali kemampuan tubuh Anda

Tidak disarankan melakukan olahraga berat seperti basket dan sepak bola. Sebaiknya kontrol kadar gula terlebih dulu serta kerjakan Exercise Stress Test untuk mengetahui sebesrapa besar intensitas olahraga yang dapat dilakukan.

2. Gunakan sepatu olahraga

Pasien diabetes sebaiknya menggunakan sepatu yang aman dan nyaman sehingga mencegah terjadinya luka pada organ tubuh pasien diebates.

3. Cek kadar gula darah

Sebelum berolahraga pastikan jika kadar gula dalam keadaan norma tidak terlampau tinggi ataupun sangat rendah.

4. Bawa identitas diri

Beritahu keluarga lokasi berolahraga untuk berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diharapkan.

5. Lakukan olahraga yang baik

Tipe olahraga yang tepat untuk penderita diabetes yaitu gabungan aerobik, latihan beban serta fleksibilitas jika diizinkan.