Khasiat Kulit Manggis untuk Kanker Serviks

Posted on

Khasiat Kulit Manggis untuk Kanker Serviks – Penyakit kanker serviks merupakan kanker yang terjadi saat sel-sel di leher rahim atau serviks tidak normal serta berkembang terus dengan tidak terkendali. Tahap selanjutnya sel-sel abnormal tersebut dapat terus berkembang dengan cepat dan kemudian menimbulkan tumor pada serviks. Setelah itu tumor ganas tersebut berkembang dan menjadi penyebab dari kanker serviks. Kanker serviks merupakan salah satu jenis kanker yang sering diderita oleh wanita di seluruh dunia. Dan hal yang dapat dilakukan untuk mengetahui adanya kanker serviks secara dini yaitu dengan cara melakukan tes pap smear secara rutin.

Kanker serviks sebenarnya masih dapat disembuhkan bila saja diketahui sejak awal.Dan pencegahan dapat dilakukan dengan melakukan perubahan gaya hidup seperti :

  • Melakukan pembicaraan dengan keluarga, teman atau konselor¬† bahkan dokter yang dapat membantu anda untuk menanyakan tentang komunitas (survivor) dan pengidap kanker serviks.
  • Tes pap smear merupakan cara terbaik untuk mengetahui perubahan sel serviks atau HPV pada serviks.
  • Bila berusia di bawah 26 tahun maka anda bisa mendapatkan vaksin HPV yang dapat melindungi dari 2 jenis HPV 16 dan HPV 18 yaitu jenis HPV yang dapat menjadi penyebab kanker serviks.
  • Menghindari terinfeksi HPV dengan cara melakukan hubungan seks yang aman dan tidak berganti-ganti pasangan seksual.
  • Dalam mencegah kanker berkembang ke tahap yang selanjutnya, jalani gaya hidup sehat seperti menjaga pola makan yang bernutrisi seimbang, rutin berolahraga sesuai dengan saran dokter serta istirahat yang cukup, mengelola stres dan juga berhenti kebiasaan buruk seperti merokok dan minum minuman keras.

Untuk mereka yang telah terkena kanker serviks pada tahap awal dapat melakukan pengobatan secara alami. Yaitu dengan mengkonsumsi kulit manggis secara rutin. Di dalam kulit manggis terkandung alkaloid, mangostin, beta karoten dan alphamangostanin serta xanthone. Pada sebuah penelitian membuktikan bahwa kulit manggis dapat mengirangi resiko kanker serviks serta sekaligus dapat mengobatinya dalam tahap dini.

Zat xanthone dalam kulit manggis dapat menghambat pertumbuhan sel kanker yang bersarang dalam rahim. Selain itu zat antioksidannya bersifat dapat menangkal radikal bebas dari luar agar tubuh tidak mudah terjangkiti kanker tersebut. Dengan mengkonsumsi kulit manggis secara rutin dan menerapkan pola hidup sehat, maka akan dapat menghilangkan kanker serviks.